Minggu, 26 Februari 2012

dikata-katain itu sakit, apalagi sama orang tua sendiri.

"anak kita emang engga punya inisiatif"

itu aku denger enggak dari orangnya langsung, tapi dari pasangannya.
rasanya? sakit pasti. kenapa engga ngomong langsung? kenapa harus diomongin sama pasangannya? kenapa?

ini semua berawal dari tetangga yang cerita kalo anak-anaknya lagi getol cari beasiswa buat membiayai kuliahnya. sedangkan saya? leha-leha baca komik. beda. keliatan banget cikal bakal orang bener sama sampah negara. GEEZ! --engga maksud anarkis ato apa, tapi bener terkadang saya ngerasa bukan generasi penerus bangsa yang baik

dan hal itu membuat salah satu orang tua berkata, "anak kita itu emang engga punya inisiatif".
waktu diceritain begitu, jelas sakit.

pertama kali yang kepikir waktu denger itu, "maaf, kenapa anak kalian bukan anak lain yang lebih baik" "maafkan anak yang jadi anak kalian" "saya merasa bersalah menjadi anak kalian" "kenapa anak kalian bukan anak yang lebih di segala hal"
langsung meruntuki diri sendiri.

ya, saya memang engga punya inisiatif buat cari beasiswa.
emang kenapa? ada yang salah dengan itu? itu hal yang selanjutnya aku pikirin.
beasiswa tu ribet ngurusnya. pake bikin PKM/KTI segala. itu ribet. buat apa? buat apa sih?
lagian beasiswa yang beredar kebanyakan buat mahasiswa engga mampu. bukannya sok kaya, ngerasa mampu, atau begimana, tapi ya masih ada temen-temen lain yang lebih layak dapet beasiswa itu dibanding aku. semangat belajar yang lebih tinggi juga banyak. lagipula beasiswa itu ada yang pemberiannya engga tepat sasaran. aku engga mau nerima beasiswa yang seharusnya engga aku terima.

habis emosi, blablabla soal beasiswa, dan segala macem, mulai deh mikir, "okay! aku dapet kenapa sampe dikatain engga punya inisiatif."

itu semua cuma alesan. pembenaran yang mengada-ada. jelas kalau aku gali lebih jauh masalah utamanya: MALES. penyakit ini.

sebenernya ada banyak hal lagi yang bisa kugali dari hal itu. banyak banget. beneran bisa buat ngoreksi diri sendiri. saking banyaknya, sepertinya lebih baik engga aku tulis di sini.
dan yang aku tahu, orang tua ngomong kayak gitu soalnya mereka punya ekspektasi, harapan yang tinggi yang dibebankan di pundak anaknya. supaya anak mereka bisa menjalani kehidupan yang penuh dengan persaingan.

oyasumi~

1 komentar:

  1. setuju si, bukanya mau sok mampu juga.
    cuman aku lebih kepikiran, apa salahnya daftar beasiswa ini itu, kalau gag dapet juga gag kecewa2 amat karena emg masih mampu, tapi kalau dapet beasiswa,itu kan secara gag langsung kita ikut 'meringankan' beban ortu. tanpa kerja sambilan =_=. psti kepikiran hal itu, tapiii ya itu sii, males.

    BalasHapus

Bocah ini telah menulis..
Sekarang giliran anda memberi komentar..